Bagaimana susunan atau urutan media filter air yang benar Pak?

 

Baik kami akan menjelaskan Langkah-langkah urutan isi tabung filter yang benar. Berikut adalah urutan media filter air 3 tahap atau filter air 3 tabung yang direkomendasikan oleh Ady Water:

 

  1. Tabung Pasir Silika
  2. Tabung Pasir Aktif
  3. Tabung Karbon Aktif

 

Mohon diperhatikan

 

Untuk urutan di atas adalah urutan kontak air, sehingga bila memasang tiga tabung filter air, maka aliran air adalah: tabung silika, tabung pasir aktif, dan tabung karbon aktif.

 

Jika material filter tersebut dimasukkan ke dalam tabung filter air, maka yang pertama masuk adalah karbon aktif, pasir aktif, kemudian baru pasir silika.

 

Sementara untuk filter air 4 tabung

 

Umumnya adalah dengan menambahkan tabung softener atau pelunak air, yang bertujuan menghilangkan hardness/kesadahan dalam air, sehingga urutan media filter air 4 tahap atau filter air 4 tabung adalah:

 

  1. Tabung Pasir Silika
  2. Tabung Pasir Aktif
  3. Tabung Karbon Aktif
  4. Tabung Softener (Resin penukar Ion)

 

Karena dalam memasang tabung filter, ada urutannya atau susunannya sehingga material dan tabung bekerja dengan baik juga sesuai fungsinya.

 

Jika Bapak Ibu tidak tepat dalam menyusun material filter air, kemungkinan air yang dihasilkan tidak sesuai harapan, karena fungsi dari bahan tersebut juga berbeda-beda.

 

Pasang Filter Air di Jakarta? Klik di sini

 

Biasanya urutan filter air bergantung pada:

 

  1. Masalah air. Masing-masing dari bahan filter air punya kegunaan tersendiri dalam menyelesaikan keluhan air Bapak Ibu. Misalnya: air keruh, air bau, air licin, air berwarna merah, dst.

 

Oleh karena Itu sebelum Bapak Ibu menggunakan bahan filter air, Bapak Ibu harus tau betul apa keluhan air di rumah atau di kantor Bapak Ibu sekalian.

 

  1. Jalannya air. Arah jalan air biasanya adalah dari atas menuju strainer. Hal ini menentukan lapisan-lapisan filter untuk memfilter partikel mulai dari partikel besar hingga partikel kecil.

 

Ady Water sebagai penyedia jasa pemasangan filter air memiliki rekomendasi urutan filter air yang biasa kami pasang agar memudahkan  Bapak Ibu dalam memahami filter air tersebut. Berikut infografis dari Ady Water.

 

 

Dari urutan media filter air di atas

 

Maka air akan berinteraksi dengan media filter dengan urutan sebagai berikut:

 

Pertama, pasir silika. Pasir silika berfungsi untuk menyaring partikel makro, sampah, juga membantu mengurangi kekeruhan dan TSS atau padatan tersuspensi seperti lumpur atau tanah.

 

Agar lebih pasti, bisa menggunakan bantuan alat-alat lab untuk mengukur sehingga dapat terlihat sebelum dan sesudah filter, misalnya menggunakan turbidity meter, TSS meter dan TDS meter.

 

Kedua, pasir aktif. Pasir aktif berfungsi untuk menghilangkan kandungan besi dan mangan. Indikasi kandungan besi dan mangan pada air adalah warna air yang merah atau oranye.

 

Efek dari air dengan kandungan besi tinggi adalah dapat membuat noda (stain) pada perpipaan, baju atau peralatan cuci.

 

Ketiga, karbon aktif. Karbon aktif berfungsi untuk menyerap (adsorb) berbagai material organic, VOC, bahan-bahan kimia non-logam, juga menyerap bau akibat ammonia, belerang, dan sebagainya.

 

Filter karbon aktif atau arang aktif ini sangat efektif karena kapasitas penyerapan tinggi. Kapasitas penyerapan karbon aktif dikuantifikasi dalam satuan nomor iodin mg/L. Semakin tinggi nomor iodin karbon aktif, semakin awet karena kapasitas penyerapannya lebih tinggi.

 

Jika Bapak Ibu ingin memasang filter air rumah tangga, Ady Water menawarkan jasa pasang filter air rumah tangga. Media filter yang digunakan adalah sebagaimana tertulis di atas, dan juga bisa dengan tambahan media lain seperti resin kation anion (untuk air sadah/air licin), MGS greensand (alternatif pasir aktif) dan material lainnya.

 

error: Content is protected !!