Apa Saja Aplikasi Lampu UV Water

 

Lampu UV Water Sterilizer adalah salah satu media sterilisasi air yang paling ampuh dalam menghasilkan air bebas bakteri, kuman, parasit, dan berbagai mikroorganisme lainnya.

Menariknya, harga lampu UV Sterilisasi ini tidak terlalu mahal dan terjangkau.

Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan aplikasinya yang sangat banyak.

Misalnya, ada lampu UV sterilisasi dengan tujuan purifikasi air minum di depot air minum isi ulang.

Namun, aplikasi lampu UV tidak terbatas di depot air isi ulang saja, melainkan dipakai di banyak bidang. Ady Water sendiri jual uv sterilizer dengan variasi tipe dan aplikasi.

Artikel ini akan membahas mengenai:

 

Aplikasi Lampu UV Water Sterilizer dari Depot Air Minum Isi Ulang hingga Filter Air Rumah Sakit

Apa itu Sinar / Gelombang UV?

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang fungsi lampu UV yang bermacam-macam, tahukah apa sinar UV itu sendiri? Bagaimana teknik sterilisasi UV menghasilkan air yang bersih?

Sinar UV yang dipancarkan oleh Lampu UV Viqua Sterilizer adalah sinar / gelombang EM dengan panjang gelombang antara 10 nm (30 Phz) hingga 400 nm (750 THz).

Mata kita tidak mampu melihat sinar UV ini, karena panjang gelombang yang mampu dicerap mata kita hanyalah dalam panjang gelombang optik, dan panjang gelombang UV lebih panjang dibandingkan gelombang optik.

Bahkan, sejatinya panjang gelombang optik yang kita lihat sehari-hari merupakan rentang yang sangat pendek jika dibandingkan dengan seluruh panjang gelombang yang ada.

Jadi artinya, masih banyak sekali informasi yang tidak mampu kita lihat menggunakan kedua bola mata kita di dunia ini. Menarik bukan?

 

Panjang Gelombang

 

Untuk melihat sinar UV, kita harus menggunakan alat bantu khusus seperti lensa UV dengan penampakkan warna adalah ungu yang tajam (UV = ultraviolet = ultraungu).

Sama halnya dengan melihat sinar IR / infrared, yang lebih rendah dari gelombang optik, kita harus menggunakan alat bantu khusus.

Setiap hari, kita terpapar oleh sinar UV ini dari Matahari. Kita melihat Matahari umumnya berwarna kuning bukan? Kalau kita melihat Matahari dengan lensa UV, kita akan melihatnya berwarna ungu.

 

Matahari dilihat dari panjang gelombang UV

 

Umumnya, sinar UV ini memiliki efek merusak sel. Oleh karena itu, jika terlalu banyak terpapar sinar UV, sel kulit akan rusak bahkan bisa menyebabkan kanker.

Oleh karena itu, khususnya di cuaca yang sangat terik dianjurkan menggunakan sun block atau baju yang menutupi seluruh tubuh.

Efek merusak sel ini ternyata membuka inovasi yaitu dimanfaatkan untuk merusak bakteri, mikroorganisme, parasit, kuman, dan virus yang ada dalam kandungan air.

Tentu saja masing-masing mikroorganisme memiliki resistensi tertentu yang dikuantifikasi dengan dosis sinar dalam satuan μws/cm2.

Teknologi pun dikembangkan dan didesainlah lampu khusus yang memancarkan sinar UV dengan tujuan sterilisasi air.

Agar bisa beroperasi, lampu UV Sterilizer ini harus dikontrol dengan ballast.

Anda bisa membeli paket harga lampu UV dan harga ballast lampu ultraviolet dengan murah di Ady Water.

 

error: Content is protected !!